Tuesday 16 September 2014

Hati_Hati Saat Anda Menggunakan Antibiotik





Terkadang kita memerlukan antibiotik untuk memerangi bakteri yang ada dalam tubuh kita. Antibiotik seperti obat lain pada umumnya memiliki efek samping yang bersifat negatif. Saat anda menggunakan antibiotik, anda harus memperhatikan berapa dosis yang tepat sesuai dengan petunjuk pemakaian, jika anda menggunakan antibiotik tanpa dosis yang jelas, anda malah akan terkena efek negatif dari antibiotik. Seperti mual, sakit kepala, muntah, dan lain-lain. Bila antibiotik dipakai dengan tidak jelas, bakteri penyakit justru akan lebih tahan terhadap antibiotik.

Bila anda menggunakan antibiotik bersama dengan obat yang lain maka kinerja obat itu justru akan terhambat oleh antibiotik. Agar penggunaan bersama obat-obatan tidak menimbulkan efek negatif, anda harus berkonsultasi dengan dokter. Bila anda sakit dan dianjurkan minum antibiotik, maka anda harus menghabiskannya sesuai dosis harian yang disarankan oleh dokter. Penggunaan yang tidak sampai habis akan membuat sisa bakteri bertahan dalam tubuh, dan berkembang lebih resistan pada antibiotik.

Saat anda meminum antibiotik, ada sebuah peperangan di dalam tubuh anda antara sistem kekebalan tubuh dengan efek obat yang anda minum. Bila sistem kekebalan tubuh kalah, maka sisa bakteri akan bertahan lebih lama di dalam tubuh dan tahan pada antibiotik. Oleh karena itu, minumlah obat sesuai dengan dosis yang disarankan agar bibit penyakit hilang dan tidak tersisa di dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment