Tuesday 16 September 2014

Apa itu Clean eating? Cari tahu dalam artikel ini




Saat ini masyarakat semakin sadar dengan pentingnya kesehatan, hal ini tidak bisa dilepaskan dengan berbagai pemberitaan media massa yang menguak berbagai bahaya kematian akibat gaya hidup yang buruk dan serba instan. Kini banyak orang mencoba untuk hidup lebih alami dengan pola hidup sehat, pola makan sehat, dan menjauhi rutinitas yang terlalu padat. Metode baru ini disebut clean eating.

Clean eating lebih menjurus ke gaya hidup sehat dalam mengkonsumsi makanan dan bukan cara untuk melakukan diet. Bila dalam diet ada kecendrungan menurunkan berat badan dengan mengurangi durasi makan, maka dalam clean eating kita secara terus menerus melakukan perubahan pola makan dengan cara yang lebih sehat. Adapun tipe makanan yang dihindari adalah makanan dengan garam yang banyak, makan berlemak, minyak, dan gula, juga makanan yang dimasak terlalu lama. Untuk memulai clean eating, anda bisa memulainya dengan hal-hal di bawah ini :


  1.  Makan dengan porsi yang sangat kecil hingga 5 sampai 6 kali sehari
  2. Jangan mengkonsumsi protein selain dari telur, ayam, dan ikan
  3. Jangan memakan makanan yang berkadar gula tinggi seperti minuman bersoda, kue, manisan, nasi putih, permen, dan lain-lain.
  4. Hindari makan gorengan dan junk food
  5. Hindari dehidrasi dengan minum air delapan gelas sehari 
  6. Hindari cara memasak makanan dengan cara digoreng, gunakanlah mengkukus, memanggang, dan merebus

Perubahan pola makan ini hanya bisa dilakukan secara bertahap dan manfaatnya baru bisa dirasakan setelah beberapa waktu. Beberapa keutamaan dari clean eating untuk anda adalah :

  1. Mengurangi lemak tubuh
  2. Mengurangi berat badan
  3. Membuat tubuh lebih kuat
  4. Tidur lebih nikmat
  5. Menghilangkan stress

No comments:

Post a Comment