Wednesday 8 October 2014

Ubi Jalar begitu Manis, Enak, dan Bermanfaat


Ubi jalar adalah makanan yang murah, bisa dibeli di pasar, dan sering dijadikan pelengkap rujak. Tanpa ubi jalar, panganan tradisional pasti akan terasa tidak lengkap dan hambar. Ubi jalar sangat bagus bila dikonsumsi secara berlebihan sekalipun, ini karena ubi jalar kaya dengan berbagai nutrisi dan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ini dia beberapa manfaat kesehatan dari ubi jalar :

1.      Vitamin B6 nya lumayan tinggi
Kandungan vit b6 di dalam ubi jalar sangat tinggi hingga di dalam tubuh manusia, zat yang bernama homoccysteine, sebuah zat kmiawi berbahaya, bisa dikurangi produksinya. Secara tidak langsung, ubi jalar bermanfaat untuk menunjang kesehatan jantung. 

2.      Kaya dengan Vit c
Bila anda mendengar kata vitamin c, maka jangan selalu mengkaitkannya dengan jeruk dan buah-buahan berasa manis lainnya. Ubi jalar ternyata juga kaya dengan Vitamin C. Nah berkat vitamin c yang tinggi, ubi jalar berpotensi untuk mencegah flu dan filek. Yang lebih menggembirakan, produksi sel darah merah, pertumbuhan tulang dan gigi pun akan ditunjang pula oleh vitamin c.

3.      Vitamin D nya cukup banyak
Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan vitalitas dan mendorong peningkatan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin d yang ada pada ubi jalar juga akan membuat anda lebih relax sehingga terhindar dari stress dan gangguan kesehatan lainnya.

4.      Zat besinya tinggi
Ubi jalar memiliki konsentrasi zat besi yang memadai untuk memberi tubuh kita tambahan energy. Zat besi adalah materi dasar yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah, sel darah putih, hingga memperbaiki protein dan metabolismenya dalam tubuh kita.

5.      Potasiumnya tinggi
Potasium bukan hanya ada pada pisang saja lho, sumber lainnya bisa diperoleh dari ubi jalar. Potasium diperlukan dalam mengendalikan ritme saraf dan jantung. Selain dari iru, potassium juga membuat ginjal bekerja lebih baik dan lebih sehat.

Itulah si ubi jalar, si buah yang selalu disalahkan sebagai penyebab bau kentut yang ekstrim. Tapi kalo anda sudah tahu manfaatnya, jangan ragu untuk mengkonsumsi ubi jalar yah.

No comments:

Post a Comment