Saturday 11 October 2014

Cara Minum Yang Benar Untuk Menghindari Efek Dehidrasi




Pernahkah anda tidak minum seharian dan merasakan tubuh kurang enak karena dehidrasi dan gejala lainnya? Bila iya, maka sekarang kita akan mempelajari beberapa efek yang ditimbulkan akibat kurang minum. Air adalah kebutuhan esensial semua makhluk hidup, tanpa air maka sangat sulit bagi sistem pencernaan tubuh untuk mengolah makanan dan memproses semua zat yang dibutuhkan tubuh. Jadi, disetujui atau tidak, tubuh kita harus mendapat pasokan air yang cukup dalam sehari.
Ada beberapa manfaat langsung yang akan kita rasakan saat kita minum air dengan jumlah cukup dalam sehari. Manfaat langsung antara lain kulit yang lebih sehat, lebih relax dan mampu mengendalikan emosi, dan sistem sekresi atau pembuangan racun di dalam tubuh bekerja dengan optimal.
Tapi bila kita minum air dengan kuantitas yang kurang memadai, maka ada beberapa hal buruk yang akan terjadi pada diri kita. Selain mengalami dehidrasi, ada beberapa efek buruk yang lainnya yang mungkin kita rasakan, seperti :
1.      Aroma Bau Mulut
Bila anda kurang minum, kemungkinan besar di dalam mulut anda akan bertumpuk bakteri penyebab bau mulut. Efeknya adalah mulut anda berbau tidak sedap. Wah kalau hal ini sampai terjadi, bisa-bisa tidak akan ada orang yang mau mengobrol dengan anda deh. Seharusnya, bakteri di dalam mulut terbuang bersama air minum yang lewat ke dalam mulut, tetapi bila kurang minum, bakteri bertumpuk karena tidak dikeluarkan dari mulut.
2.      Kekeringan Pada kulit
Bila anda kurang minum air, kulit akan mengalami kekeringan. Ini terjadi karena kulit kehilangan pasokan air untuk mempertahankan kelembabannya. Oleh sebab itu bila anda tidak ingin mengalami masalah ini, anda harus minum cukup air.
3.      Otot Jadi Kram
Air dibutuhkan untuk mempertahankan massa otot tubuh, terutama saat anda berolahraga. Ketika olahraga, terjadi pemanasan pada tubuh dan akibatnya sebagian cadangan air dalam tubuh menjadi hilang. Bila air dalam tubuh banyak yang hilang, kemungkinan besar otot akan mengalami kram karena jumlah kalium, natrium, dan elektronik yang diproduksi menjadi lebih sedikit karena kurangnya cairan.
4.      Kedinginan
Sebagian orang, saat tubuhnya kekurangan cairan maka ia akan mengalami dehidrasi. Memang betul level toleransi setiap orang terhadap dehidrasi berbeda-beda, tapi biasanya mereka yang mudah terkena dehidrasi maka tubuhnya akan menggigil karena kedinginan.
5.      Merasa Lapar dan Ingin Mencari Yang Manis-manis
Saat tubuh kekurangan cairan, seringkali kita berpikir bahwa kita memerlukan sesuatu yang rasanya manis sebagai pengganti sumber energi. Sebetulnya, anda harus cepat-cepat minum air karena organ tubuh seperti hati, memerlukan surplus cairan untuk bekerja normal.
Ladiez, bila anda tidak ingin merasakan efek buruk dari dehidrasi ini, jika bisa, bawalah air minum dalam botol agar tidak kehausan. Oke (y)

No comments:

Post a Comment