Saturday, 11 October 2014

Karir Harus Bagus, Tapi Jangan Lupa Jaga Kesehatan




Kita dididik sedari kecil untuk menjadi orang sukses, bukan main kan sejak dulu orang tua membimbing kita bahwa sekolah itu penting, mengaji itu penting, dan jadi orang bener itu penting. Kita diikutkan dalam kegiatan-kegiatan positif agar pola pikir kita berkembang ke arah produktif dan diharapkan nantinya bisa menjadi orang berpengaruh, baik secara materi maupun sosial.
Jika pikiran anda hanya tertuju pada pencapaian materi maka secara fisik anda akan lelah bekerja dan kurang memperdulikan hubungan sosial. Hal ini berbahaya karena seorang individu meskipun ia mampu memenuhi segala kebutuhannya secara mandiri, ia tetap akan memerlukan bantuan orang lain. Singkatnya, pencapaian materi bukanlah indikator kesuksesan, sebaliknya jadikanlah kesuksesan secara materi sebagai jembatan untuk menjalin hubungan yang harmonis secara sosial.
Nah, bila anda tidak ingin mengalami stress karena terlalu sibuk bekerja, anda harus memperhitungkan beberapa hal berikut :
1.      Kurangilah durasi anda dalam bekerja
Bila anda menjabat sebuah posisi top di sebuah perusahaan dan menjalani 8 jam kerja dalam sehari, mulai kini anda harus mempertimbangkan jam kerja yang lebih singkat. Hal ini karena ketika anda bekerja, anda akan lebih terpaku ke layar komputer dengan radiasinya yang berbahaya, juga waktu duduk yang lebih lama. Jika anda terlalu lama duduk, penyakit mengerikan seperti stroke dan lainnya bisa menjamah anda. Nah, siasatilah jam kerja dengan mempersingkatnya.
2.      Minum Air Putih Atau Jus Tanpa Gula
Karena anda seorang manajer atau memegang posisi penting, maka biasanya anda akan banyak menghabiskan waktu di kursi kerja dan diakhiri dengan pulang ke rumah. Hal ini normal, tetapi saat bekerja, anda tidak boleh lupa untuk minum air putih atau jus buah murni tanpa gula.
Setelah pulang ke rumah, sebaiknya anda tidak langsung tidur. Tetapi lakukanlah sedikit aktivitas olahraga kecil hingga tubuh sedikit berkeringat. Lumayan untuk sekedar membuang racun tubuh agar tidak menumpuk menjadi penyakit.
3.      Bersantailah Sebisa Mungkin
Anda tahu, beberapa orang mengalami nasib tragis disebabkan terlalu fokus dalam mengejar target mereka. Mereka terus bekerja tanpa henti hingga melupakan kesehatan mereka sendiri. Ini sangat buruk, anda harus menghentikannya. Dalam seminggu, sempatkanlah satu atau dua hari untuk bersantai dengan melakukan aktivitas favorit yang anda sukai seperti memancing atau berkebun. Lakunlah semua yang anda suka dalam suasana rileks, penuh suka cita, dan dengan santai.
Itulah beberapa cara untuk menghilangkan tekanan sehari-hari agar anda bisa lebih menikmati hidup. Dengan cara ini, meskipun sederhana, anda bisa tetap mengejar semua target anda dan tetap sehat menikmati hidup.

No comments:

Post a Comment