Saturday 11 October 2014

Selain Baik Untuk Begadang, Minum Kopi Sebelum Olahraga Itu Bagus




Semua orang pasti tahu bahwa minum kopi bisa membuat melek saat harus lembur ngantor, atau saat harus ngeronda keliling desa. Ini karena efek caffeine yang membuat kita sanggup terjaga hingga pagi. Tapi kalau kita terlalu sering mengkonsumsi kafein juga tidak baik karena berakibat buruk pada kesehatan, bahkan bisa mengakibatkan beberapa penyakit serius.
Tapi jika anda seorang penikmat kopi sejati, bersiaplah untuk tertawa lebar dan berbahagia karena kopi pun hadir dengan 5 manfaat sehat, apalagi jika diminum beberapa saat sebelum berolahraga. Ini dia manfaatnya :
1.      Darah sirkulasinya akan meningkat
Sebuah penelitian di lakukan di jepang dan yang dijadikan bahan kajian adalah efek minum kopi sebelum berolahraga pada kesehatan manusia. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa terjadi eskalasi kenaikan sirkulasi darah setinggi 30% pada mereka yang minum kopi dengan kafein sesaat sebelum berolahraga.
2.      Rasa nyeri akan berkurang
Sebuah temuan mengindikasikan bahwa rasa nyeri setelah berolahraga akan hilang dengan minum kopi berkafein sebanyak 3 cangkir kurang lebih 60 menit sebelum olahraga dimulai. Kini diketahui bahwa otot akan lebih rileks dan akan lebih kuat jika disuplai dengan kafein.
3.      Ingatan jadi lebih kuat
Banyak jurnal sains di internet mengemukakan bahwa fungsi mengingat dari otak akan bekerja lebih maksimal hingga 24 jam apabila kita minum 2 cangkir kopi di pagi hari. Ketimbang orang yang tidak nyeruput kopi, mereka yang menyempatkan diri minum kopi di pagi hari mampu mengingat bentuk, gambar, dan info visual lainnya dengan lebih baik.
4.      Otot lebih kuat
Berkat kafein, massa otot akan cendrung bertahan lebih kuat dan terhindar dari penuaan dini. Akibatnya, otot tidak akan terkenda cedera setelah kita berolahraga.
5.      Kafein menyuplai energi kepada otot
Minum kopi berkafein kini diketahui dapat mendongkrak kinerja otot, tentu saja dengan disertai asupan karbohidrat yang cukup. Massa glikogen otot akan meningkat hingga 66%. Glikogen adalah massa otot yang terbentuk dari karbohidrat yang digunakan sebagai penyuplai energi pada otot saat olahraga dilakukan.
Itulah beberapa manfaat positif dari minum kopi berkafein. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk minum kopi lebih banyak dari biasanya sekarang?

No comments:

Post a Comment